Jenis-Jenis Kandungan Kimia Biji Kopi

kandungan kimia biji kopi

Di dalam biji kopi terdapat beberapa kandungan kimia biji kopi. jualkopihijau.com : 0857-3595-9602 (SMS/WA)

Kandungan Kimia Biji Kopi

Menyantap segelas kopi merupakan aktifitas yang tak pernah luput dari kehidupan di zaman modern saat ini, akan tetapi pernahkan anda berfikir tentang apa saja kandungan yang ada didalam kopi yang anda minum? Jika anda belum mengetahui tentang kandungan kimia biji kopi, berikut ini penjelasannya:

Kandungan kimia biji kopi yang pertama yaitu kafein. Kopi merupakan salah satu tanaman yang mempunyai kandungan kafein yang paling sering digemari oleh banyak orang, kafein diklasifikasikan sebagai drug yang diakui aman dengan syarat masih dalam dosis tertentu, melebihi dosis kafein yang ditentukan dapat menyebabkan ketergantungan. Dalam konsumsi yang menahun kafein bisa menyebabkan timbulnya penyakit seperti masalah gangguan tidur bahkan kanker.

Kandungan kimia biji kopi yang kedua yaitu Ethyphenol. Zat yang satu ini mungkin terdengar asing, akan tetapi zat ini merupakan aroma khusus pada kopi, kandungan ini mirip dengan tar dan memiliki kandungan pheromone.

Kandungan kimia biji kopi yang ketiga yaitu Quinic Acid. Rasa asam yang ada pada kopi di tentukan dengan jumlah zat yang quinic acid, terkadang kadar quinic acid pada kopi jumlahnya berbeda-beda, zat digunakan di dalam ilmu kedokteran sebagai bahan untuk pembuatan obat flu.

Kandungan kimia biji kopi yang keempat dicaffeoylquinic acid. Zat ini merupakan salah satu zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Walupun kadar antioksidan didalam biji kopi tak sebanyak tumbuhan obat yang lain, akan tetapi kopi merupakan salah satu supplier antioksidan yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

Kandungan kimia biji kopi yang selanjutnya yaitu dimethyl disulfide. Pada biji kopi yang belum dikeringkan atau masih hijau dan di sangrai, kandungan senyawa ini merupakan senyawa yang banyak, zat ini lah yang dapat membuat kotoran manusia menjadi berbau dan mirip dengan senyawa sulfur.

Kandungan kimia biji kopi yang kelima yaitu Acetylmethylcarbinol. Kandungan yang satu ini merupakan zat yang membuat kopi berasa gurih di lidah, kandungan ini banyak ditemukan pada mentega.

Kandungan kimia biji kopi yang terakhir yaitu niacin. Kandungan yang satu ini merupakan senyawa yang kurang baik untuk tubuh, karena senyawa ini bisa menyerap vitamin-vitamin yang ada di dalam tubuh, sedangkan vitamin sangatlah dibutuhkan tubuh untuk proses-proses yang terdapat didalam tubuh, oleh karena itu meminum kopi hanya dianjurkan paling banyak yaitu 2-3 kali sehari.

Itulah informasi tentang kandungan kimia biji kopi, semoga bermanfaat!

Pencarian dari Google:

Tolong Bagikan Artikel Ini Jika Menurut Anda Bermanfaat...
  • Twitter
  • Facebook
  • email
  • vuible
  • StumbleUpon
  • Delicious
  • Google Reader
  • LinkedIn
  • More

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *