Beberapa Manfaat Minum Kopi

Manfaat Minum Kopi
Diantara beberapa makanan yang kita makan dan minum sehari-hari banyak sekali manfaat yang terdapat di dalamnya salah satunya adalah minum kopi. Banyak sekali zat zat yang terkandung di dalam kopi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh salah satu diantaranya adalah yang sering kita dengar bahwa kopi juga mengandung zat kafein yang berguna bagi tubuh, terlepas dari pada itu ika anda mengkonsumsi kopi secara berlebih itu juga akan mengakibatkan hal yang tidak baik bagi kesehatan tubuh anda , misalnya dengan cara membuat kopi yang rendah gula, sehingga anda tidak akan terkena diabetes. Setidaknya minum kopi 1-2 cangkir perhari.
Kopi merupakan minuman yang paling digemari bagi banyak orang selain teh. Dan ternyata terdapat banyak manfaat kopi yang bisa didapat. Kopi tidak hanya sekedar asyik diminum waktu luang atau saat akan begadang saja karena bisa bikin mata melek semalaman, akan tetapi kopi mempunyai dampak bagus untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.
Di bawah ini adalah beberapa manfaat minum kopi untuk kesehatan :

1. Menghambat Depresi
Sebuah penelitian berkata bahwasanya ada hubungan yang terkait antara minum kopi dan depresi, ini di karenakan karena di dalam kopi terdapat kafein yang dapat meminimalisir depresi. Dan juga bagi yang mengkonsumsi kopi akan mengurangi potensi depresi 10 persen dari pada mereka yang tidak menkonsumsi kopi. Hal yang perlu di ingat juga supaya kita mendapat manfaat minum kopi anda harus mengurangi kadar gula yang anda pakai untuk membuat kopi sehingga anda terhindar dari penyakit diabetes.

2. Menurunkan Stres dan Putus Asa
Kopi diyakini selain sebagai obat untuk melawan depresi juga bias utuk membantu menurunkan stress anda yaitu dengan cara setiap hari rutin menkonsumsi maksimal 2 cangkir kopi setiap harinya, dan aroma kopi yang khas mempunyai peranan yang penting dalam mengurangi stress karena memicu aktivitas gen untuk melindungi sel – sel saraf.

3. Menurunkan Risiko Alzheimer (kepikunan) dan Parkinson
Selain itu manfaat minum kopi ternyata juga dapat menurunkan resiko terkena Alzheimer (pikun) dan Parkinson, hal ini di ketahui dari beberapa riset yang telah berhasil dikembangkan dan menunjukkan bahwa memiliki kebiasaan menkonsumsi kopi maksimal 2 kali setiap hari memiliki resiko sampai 60 persen lebih rendah terkena Alzheimer (pikun).

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan
Manfaat minum kopi ternyata memiliki sejumlah kandungan yang baik bagi tubuh, bahkan diklaim menjadi salah satu obat mujarab untuk kanker. apakah itu benar?. Ekstrak biji kopi inilah yang diolah menjadi bubuk kopi yang sering kita rasakan saat ini. Kopi biasanya menjadi teman dikala memulai kegiatan dipagi hari. Minuman yang berwarna hitam pekat ini, menimbulkan cita rasa yang unik, tidak heran banyak orang yang menggemari minuman ini. Di Indonesia sendiri banyak di daerah-daerah tertentu, minuman kopi menjadi sebuah tradisi yang unik.

Penting untuk di ketahui, kebiasaan meminum kopi dan diselingi rokok dapat berdampak baik bagi kesehatan. Beberapa manfaat minum kopi bagi tubuh adalah sebagai berikut.

Beberapa Nutrisi yang terkandung Pada Kopi :
Riboflavin (Vitamin B2) : 11 persen dari AKG.
Asam pantotenat (vitamin B5) : 6 persen dari AKG.
Mangan dan Kalium : 3 persen dari AKG.
Magnesium dan Niacin (B3) : 2 persen dari AKG.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan
Kenikmatan secangkir banyak orang yang menyukainya, tapi dibalik nikmatnya kopi menyimpan berbagai macam manfaat. Berikut manfaat kopi diantaranya adalah :

1. Meningkatkan Stamina Tubuh
Di dalam Kopi mengandung zat kafein yang tinggi. sehingga Adenosin di dalam tubuh bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa mengantuk terhadap otak. Kafein dalam kopi mempengaruhi kinerja sel dan pergerakannya semakin melambat. Sehingga menjadikan perasaan segar lebih lama.

2. Mencegah Penyakit Kanker
Antioksidan pada kopi bisa menekan resiko gejala kanker pada tubuh. Pada sebuah Penelitian di Jepang, sejumlah wanita yang meminum kopi 2 kali sehari menurunkan resiko terjadinya kanker usus besar menurun sebesar 25 persen.

3. Kopi Menjaga Kesehatan Mulut
Selain mencegah kangker dan meningkatkan stamina tubuh ternyata kopi juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut kita dari masalah gigi berlubang, plak, infeksi gusi, dan resiko terkena kangker mulut.

4. Mengurangi Resiko Diabetes
Mengkonsumsi kopi setiap hari juga dapat mengurangi resiko diabetes, hal ini karena kandungan zat asam klorolagenat yang membantu kinerja menghambat penyerapan gula dalam darah. sehingga dapat menurunkan resiko terkena diabetes sebesar 50 persen.

5. Meningkatkan Mood
Minum kopi ternyata juga mampu meningkatkan mood seseorang dan menjadi bersemangat untuk melakukan suatu hal lagi.

 

Manfaat Kopi Hijau
Biji kopi hijau adalah biji yang belum digoreng atau sangrai, yang berasal dari tumbuhan Coffea Arabica. menyangrai dapat menghilangkan antioksidan dalam biji kopi, sehingga membuatnya menjadi tidak bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi jika biji kopi hijau tidak disangrai, justru bisa dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Di bawah ini adalah macam macam manfaat kopi hijau yang dapat kita rasakan ketika meminum secara rutin :

1. Banyak Terkandung Zat Yang Kaya Anti-Oksidan:
Biji kopi hijau yang kaya akan antioksidan, dimana yang berguna untuk mengurangi efek kerusakan sel akibat dari radikal bebas dalam tubuh kita. Beberapa penelitian menemukan bahwa biji kopi hijau yang mentah dan belum diolah mengandung 100% murni Asam klorogenik (CGA), yang pada dasarnya mengandung ester asam caffein yang memiliki sifat antioksidan yang kuat. Hal ini juga bisa menjaga kadar glukosa dalam aliran darah kita, serta menjaga sel-sel kulit kita dari kerusakan.

2. Membantu Menurunkan Gejala Diabetes:
Kacang hijau juga mampu mengobati Diabetes Tipe 2. Ekstrak biji kopi dikenal dapat menurunkan kadar gula yang tinggi di dalam aliran darah kita, juga dapat mempercepat penurunan berat badan. ini juga dapat menurunkan gejala dari penyakit Diabetes Mellitus tipe 2.

3. Membantu Mempercepat Sirkulasi Darah:
Tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan kita rentan terhadap beberapa penyakit fatal seperti stroke, gagal jantung, gagal ginjal, dll. Namun para peneliti telah menemukan adanya zat seperti aspirin yang sangat aktif dan kuat yang terkandung dalam biji kopi hijau, dimana yang dapat memberikan efek positif pada darah dengan mencegah platelet menggumpal. Dengan demikian arteri kita dapat terhindar dari pengerasan, dan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh kita tetap lancar.

4. Mengurangi Pengaruh Radikal Bebas:
Selain itu Asam klorogenat di dalam biji kopi hijau dapat mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh kita sampai 10 kali lipat. Biji yang belum disangrai akan tetap mempertahankan beberapa agen antioksidan lain dari jenis polifenol, asam Ferulic, dll, yang berguna menghambat percepatan penuaan membuat kulit kita awet muda.

5. Mencegah Terjadinya Kebotakan:
Di dalam ekstrak biji kopi hijau juga terkandung Androgenetic alopecia, atau juga biasa disebut sebagai “pola kerontokan rambut pada wanita” juga bisa disembuhkan dengan ekstrak biji kopi hijau.

Manfaat Kopi tanpa Gula
Tanaman kopi adalah salah satu produk kekayaan alam negeri Indonesia. Indonesia mejadi salah satu negara yang mengekspor hasil panen kopi ke luar negeri. Minum kopi menjadi sebuah tradisi yang sudah menjamur di kalangan masyarakat Indonesia. Ada yang minum rutin pada pagi hari, ada yang sore hari, ada juga yang minum kopi dengan ditemani rokok. Ada banyak varian rasa yang diciptakan oleh bubuk kopi di zaman sekarang ini. Ada sebagian yang menyukai varian itu, ada juga yang tetap menggemari kopi murni yakni kopi hitam. Tetapi apakah kamu pernah minum kopi tanpa menggunakan gula. Bagaimana rasanya? Pasti pahit dilidah kan. Tetapi dari kepahitan yang timbul apakah tidak memiliki manfaat? Pastinya ada manfaat dari itu semua. Mari simak ulasan saya berikut.

Pertama, antioksidan. Zat antioksidan yang terdapat dalam kopi sangat beragam mulai dari magnesium, niasin, kalium, vitamin E dan kromium. Dengan kandungan kromium yang dimiliki bisa mengendalikan gula dalam darah jika kamu konsumsi tanpa gula.

Kedua, menghilangkan penuaan. Semakin bertambah usia, syaraf yang kita miliki semakin berkurang fungsinya. Dengan racikan kopi tanpa gula, syaraf motorik dan sensorik kita akan menjadi lebih baik.

Ketiga, melancarkan proses metabolisme. Cara kerja kopi ketika dikonsumsi dengan tanpa gula untuk memperbaiki metabolism kita adalah dengan memproduksi hormon insulin.

Keempat, resiko kanker berkurang. Kanker akan sulit muncul di dalam tubuh ketika minum kopi tanpa gula dengan kandungan kafein yang dimilikinya. Pada pria akan meminimalisir tumbuhnya kanker prostat dan kanker pada usus besar.

Kelima, memperkuat otot. Ahli kopi ternama Ory Hofmekler pernah mengatakan bahwasannya ketika kita mengonsumsi kopi dengan cara yang benar dan tanpa gula maka akan memberikan efek pada tubuh kita untuk kembali bugar.

Keenam, membantu diet. Dengan kopi yang rendah gula kamu akan merasakan manfaat pada bentuk tubuh kamu. Yakni tubuh kamu akan semakin langsing karena kalori dalam tubuh akan menurun.

Ketujuh, menambah kesehatan tulang. Di dalam kopi ternyata terdapat kalsium kopi yang nanti bisa member manfaat untuk kekuatan tulang.

Kedelapan, menjaga kesehatan jantung. Zat kopi yang bisa menguatkan otot-otot jantung adalah kalium.

Kesembilan, mengurangi rasa kantuk. Hal ini sudah jelas terbukti, dengan meminum kopi hitam rasa kantuk kita akan semakin hilang karena kandungan kafein yang bisa memacu otak.

Nah, dengan 9 Manfaat Kopi tanpa Gula tadi apakah kamu tetap akan tidak mencobanya?.

Manfaat Kopi Untuk Diet
Kopi adalah salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Baik para remaja atau bahkan hingga mereka yang tua suka mengonsumsi kopi karena memiliki cita rasa tersendiri. Seiring dengan modernisasi zaman, variasi pada kopi juga lebih berkembang. Anda tak lagi hanya menemukan kopi hitam karena sekarang sudah banyak jenisnya seperti white coffe, kopi luwak, Arabian, coffe late, kopi susu, moccachino coffe dan sebagainya. Pencintanya juga akan semakin berkembang dan banyak, karena mereka sudah mempunyai rasa yang berbeda. Ternyata kopi tidak hanya bermanfaat untuk mengobati rasa kantuk , namun kopi juga bermanfaat untuk diet.

Salah satu komponen yang terkenal ada di dalam kopi yaitu zat kafein. Zat inilah yang membuat anda ketagihan karena efek samping dari kafein sendiri yaitu menimbulkan rasa candu. Ternyata kandungan kafein dalam Manfaat kopi untuk diet dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Sehingga kerja sistem tubuh akan semakin cepat. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan banyak kalori yang akan dibakar. Akibatnya banyak lemak yang akan dikorbankan sebagai penyedia energi. Di dalam hal ini kafein bisa menstimulasi tubuh untuk melakukan pada pembakaran yang lebih banyak.

Anda pernah merasakan pahit pada kopi? Jika iya rasa pahit itulah yang dapat membuat kopi cocok dijadikan sebagai menu untuk diet. Rasa pahit tersebut merupakan indikasi bahwa kandungan kalori rendah. Sehingga untuk mengurangi resiko dari kegemukan. Namun akan lain ceritanya jika anda tetap membuat kopi dengan rasa yang manis. Anda memasuki program diet, akan tetapi masih menggunakan gula yang dapat memicu tingginya kalori dan cara ini tentunya gagal untuk menjadikan kopi sebagai menu diet.
Manfaat kopi untuk diet yang lainya digunakan untuk melangsingkan perut bukan dengan cara diminum. Akan tetapi anda menggunakannya seperti masker pada bagian perut anda. Beberapa orang pernah mengaku bahwa cara ini berhasil. Caranya yaitu dengan menyeduh kopi dengan air yang hangat. Lalu oleskan pada bagian perut. Tunggulah sekitar 30 menit kemudian bilaslah dengan air yang hangat. Meskipun belum teruji secara klinis, namun cara ini perlu juga untuk dicoba.

Itulah beberapa manfaat manfaat kopi untuk diet yang bisa anda praktekan dirumah. Sekarang anda bisa mengetahui manfaat kopi selain untuk mengobati rasa kantuk bukan? Selamat mencoba!

Pencarian dari Google:

Tolong Bagikan Artikel Ini Jika Menurut Anda Bermanfaat...
  • Twitter
  • Facebook
  • email
  • vuible
  • StumbleUpon
  • Delicious
  • Google Reader
  • LinkedIn
  • More

2 tanggapan untuk “Beberapa Manfaat Minum Kopi

  1. saya sdh membeli dan mengkonsumsi kopi hijau berbentuk kapsul (3 botol 1100.000 rp) saya ikuti aturan konsumsinya 2 kapsul/hari pagi dan sore 1/2 jam sebelum makan. Hasilnya dalam 2 minggu berat badan saya naik 3 kg. Bagaimana bisa?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *