Asal Kopi Ijo Dilihat Dari Warnanya

asal kopi ijo

Asal kopi ijo jika dilihat dari warnanya adalah karena adanya campuran kacang hijau, bukan karena bahan pengawet.

Asal Kopi Ijo

Kopi memanglah identik dengan warna hitam. Namun, di daerah Tulungagung, Jawa Timur kita dapat menemukan kopi yang berwarna hijau yang dinamakan dengan Kopi Ijo. Barangkali masih terasa asing bagi sebagian masyarakat Indonesia, namun di daerah Tulungagung kopi ini telah menjadi bagian dari tradisi masyarakatnya.

Kopi Ijo memiliki rasa serta tekstur yang berbeda dari kopi jenis lain. Ketika dituangkan ke dalam tatakan, Kopi Ijo akan nampak hitam kehijauan. Asal Kopi Ijo yang berwarna kehijauan ini bukanlah karena adanya campuran dengan zat pewarna, namun dalam proses pembuatannya.

Prosesnya yaitu mulai dari pengeringan biji kopi dengan cara disangrai dengan menggunakan wajan yang terbuat dari tanah liat dan juga menggunkan kayu bakar sebagai bahan bakarnya. Proses ini diperlukan ketlatenan dalam menjaga api agar suhunya tetap stabil sehingga menghasilkan kopi yang matang dengan merata serta sempurna. Setelah itu, barulah biji kopi tersebut digiling dengan menggunakan mesin. Hal inilah yang menjadi rahasia dari rasa kopi ijo yang sangat unik.

Di kota asalnya yaitu Tulungagung, kopi ini sangatlah terkenal. Ada banyak warung kopi dari mulai warung kopi pinggir jalan hingga kafe besar menyediakan Kopi Ijo ini sebagai menu utamanya. Bahkan Kopi Ijo ini telah dianggap sebagai salah satu ciri khas dari Tulungagung yang patut untuk dilestarikan.

Penyajian Kopi Ijo sendiri memang tak banyak berbeda dengan kopi pada umumnya, yaitu dengan diseduh dengan air panas. Namun ada yang berbeda jika kita meminum Kopi Ijo ini di tempat asalnya yaitu Tulungagung. Ada kebiasaan yang bernama Nyete. Nyete ini merupakan seni melukis sebatang rokok dengan menggunakan sisa endapan Kopi Ijo. Sangat unik bukan? Tentu hal ini tak dapat ditemukan di daerah lain. Selain diseduh ditempat, Kopi Ijo ini kini pun juga dikemas dalam saset sehingga dapat dijadikan oleh-oleh.

Selain rasanya yang unik dan nikmat, ternyata Kopi Ijo juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Ada yang mengklaim bahwa Kopi Ijo ini sangatlah baik dalam menurunkan berat badan. Tapi ini bukan kopi ijo khas Tulungagung seperti yang diulas diatas ya?! Maksudnya adalah kopi yang belum disangrai atau dipanggang yang biasa disebut dengan nama kopi hijau / green coffee. Dalam kopi hijau juga terdapat kandungan asam klorogenat yang menjadi antioksidan, yang tak terdapat dalam kopi yang dipanggang. Berdasarkan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa asam klorogenat tersebut memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Demikianlah pemaparan mengenai Asal Kopi Ijo. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Pencarian dari Google:

Tolong Bagikan Artikel Ini Jika Menurut Anda Bermanfaat...
  • Twitter
  • Facebook
  • email
  • vuible
  • StumbleUpon
  • Delicious
  • Google Reader
  • LinkedIn
  • More

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *